Blog Handmark Studio

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Apa itu Instagram? Penjelasan Tentang Layanan Jejaring Sosial Foto dan Video

Apa itu Instagram

Jejaring sosial sekarang ini memang menjadi salah satu media untuk menyampaikan ekspresi diri maupun juga bisa untuk mencari hiburan bagi yang menikmati. Akan tetapi, juga ada kesempatan juga untuk bisa mendapatkan uang dari jejaring sosial, termasuk salah satu yang paling terkenal adalah Instagram.
Bisa dikatakan, Instagram memang menjadi salah satu platform yang sangat besar daripada berbagai sosial media yang lain. Ini bisa dibuktikan dari 2 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Instagram merupakan sebuah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto dan video. Penggunanya pun juga bisa mengikuti pengguna lain guna bisa untuk melihat postingannya dan juga memberikan like dan komentar, atau bisa juga mengirimkan pesan dengannya untuk menjalin komunikasi baru agar berinteraksi dengan orang yang baru jadi lebih menyenangkan.

Nah, sebenarnya apa saja yang perlu kamu ketahui tentang Instagram sebagai jejaring sosial yang paling ngetrend sekarang ini? Yuk cari tahu lebih dalam.

Sejarah Instagram

Kilas balik lebih lama lagi, Instagram sebelum bergabung dengan META. Didirikan pada tahun 2010, Instagram hanya perlu waktu yang sangat singkat sudah menyatu dengan mulus ke dalam kehidupan kita sehari-hari hanya dalam waktu lebih dari satu dekade. Instagram telah menjadi sebuah aplikasi yang tidak hanya dari sudut pandang konsumen saja sebagai penikmat, tetapi juga di kancah pemasaran digital juga sangat membantu sekali.

Sebelum berganti nama menjadi Instagram, awalnya aplikasi ini bernama Burbn yang dibangun oleh Kevin Systrom, sebuah aplikasi untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dengan mempublikasikan check-in setiap individu setiap kali mereka bepergian ke tempat baru.

Hanya dalam dua minggu setelah negosiasi dengan perusahaan ventura, Systrom memperoleh pendanaan sebesar $500.000. Pada titik ini, dia mulai aktif mencari tim dan akhirnya menemukan Mike Krieger.

Sejak saat itu, Burbn mengalami perombakan drastis. Krieger dan Systrom menyadari konsep mereka terlalu mirip dengan aplikasi seluler yang sudah terkenal pada saat itu, Foursquare. Mereka juga menemukan tren penting: komunikasi melalui gambar sedang meningkat. Dengan ini, mereka mengembangkan kembali ide tersebut menjadi apa yang kita kenal sebagai Instagram saat ini untuk bisa memposting foto dan video secara rutin untuk mengekspresikan diri.

Asal Kata Instagram

Mungkin ada beberapa pertanyaan di diri kita sekarang ini. Dengan nama awal Burbn, mengapa menjadi Instagram seperti yang kita kenal sekarang? Dari mana asal kata ini?

Sebenarnya simple saja. Intagram sebenarnya adalah gabungan kata dari “instant camera” dan “telegram”. Jadi mereka menggabungkan kedua kata tersebut sehingga menjadi Instagram. Kenapa telegram? Karena ya memang aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berkominikasi secara digital.

Fungsi Instagram

Selain bisa berkomunikasi secara digital dengan pengguna Instagram yang lain, ternyata ada beberapa fungsi Instagram yang lain dimana fungsi inilah yang menjadi keseruan jejaring sosial yang sudah diakuisisi oleh META sebuah perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, antara lain adalah sebagai berikut:

Interaksi Antara Pengguna Instagram

Salah satu fitur dan tujuan dari berbagai jejaring sosial adalah untuk melakukan interaksi antara penggunanya, itulah salah satu fungsi dari Instagram. Jadi, kamu bisa melakukan interasksi dengan pengguna Instagram yang lain baik dari berkomentar di postingannya atau langsung meninggalkan pesan melalui DM.

Untuk Tetap Terhubung Dengan Teman Dan Keluarga

Ini yang menjadi sangat penting, adalah agar bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Dengan adanya Instagram, kamu bisa berinteraksi dengan keluarga atau teman melalui melihat postingannya agar bisa selalu merasa dekat dengannya walaupun berjauhan.

Mencari Rekomendasi Tempat Liburan

Mencari rekomendasi tempat untuk berlibur di akhir pekan? Instagram adalah solusi yang paling bagus. Biasanya, tetap akan ada user Instagram lain yang membagikan pengalaman saat berlibur di suatu tempat. Jika kamu tertarik dengan tempat yang di posting dari pengguna Instagram lain, ini tentu menjadi memudahkan kamu bukan untuk mencari rekomendasi tempat untuk liburan?

Untuk Membagikan Dan Menemukan Konten Baru

Mungkin kamu sadar, saat kamu merasa sepi, bosan, hal yang kamu lakukan secara tidak sadar adalah membuka smartphonemu lalu langsung klik Instagram untuk mencari hiburan dan menemukan konten baru yang diposting oleh pengguna Instagram lain atau bahkan kamu yang membagikan konten baru.

Fungsi Instagram yang satu ini memang sangat membantu. Membagikan konten dengan pengguna Instagram lain bisa jadi menghibur atau memberikan informasi yang penting baginya.

Mencari Dan Berbagi Informasi / Ilmu Pengetahuan

Dari orang yang membagikan konten baru yang mungkin bermanfaat misalnya informasi tentang penjualan saham perusahaan A, maka Instagram bisa memiliki fungsi sebagai tempat untuk mencari dan juga berbagai informasi. Tidak semua konten di Instagram ini tidak bermanfaat, buktinya banyak content creator yang membagikan konten yang memiliki makna dan pengehtahuan yang penting bahkan tidak kamu dapatkan di bangku sekolah.

Untuk Memperlihatkan Bakat Atau Mempromosikan Bisnis

Dan selain itu, orang yang ingin membagikan konten juga bisa berdalih untuk memperlihatkan bakat kepada orang lain ataupun untuk mempromosikan bisnis yang mereka jalani. Bukan hanya bisnis yang dimiliki, bahkan kamu bisa membayar user Instagram yang followersnya banyak untuk menjalin kerja sama dalam mempromosikan bisnis kamu.

Sekarang ada fitur paid promote yang sangat membantu sekali dalam pengembangan bisnis kamu dengan cara bekerja sama dengan pengguna Instagram yang traffic Instagramnya menjanjikan untuk ladang promosi bisnis.

Keistimewaan Fitur-Fitur Instagram

Kita sudah tahu apa saja fungsi Instagram yang sekarang ini bisa kamu lakukan. Beberapa fungsi tersebut tentu saja harus didukung dengan beragam fitur yang ada di Instagram. Nah, Instagram ini karena merupakan salah satu jejaring sosial yang terkenal, alasannya adalah karena banyak fitur istimewa yang menjadi ciri khasnya.

Fitur dari Instagram sangat banyak, dan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu karena Instagram selalu melakukan update agar penggunanya betah untuk menggunakan platform ini sebagai media untuk berjualan, berekspresi, dan juga berbagai informasi.

Berbagi Foto Dan Video

Sudah jelas, jika orang ingin mencari informasi tentu saja harus ada yang berbagai informasi. Instagram memiliki fitur untuk berbagai foto dan video. Dalam satu postingan, kamu bisa memposting foto dan video sekaligus dengan satu feed kamu bisa slide hingga 10 foto dan video sekaligus. Video juga dibatasi dengan jumlah durasi 3 sampai dengan 60 detik.

Komentar Dan Like

Ketika kamu sudah berbagi foto dan video, pengguna lain juga bisa memberikan like dan juga komentar terhadap foto dan video yang kamu posting. Ini membuat kamu bisa berinteraksi dengan siapapun yang berkomentar di postingan kamu, tentu saja ini sangat seru karena kamu bisa bercakap-cakap dengan orang lain.

Search & Explore

Bosan dengan postingan dari user Instagram yang kamu ikuti saja? Kamu bisa juga mencari postingan orang yang tidak kamu ikuti di fitur search and explore. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencari pengguna Instagram lain dan di kolom explore, kamu bisa menemukan berbagai macam postingan baik itu foto, video, dan juga reels yang mungkin kamu tertarik dengan postingannya.

Instagram Story

Instagram story adalah fitur dari Instagram dimana kamu bisa posting foto dan juga video durasi pendek sampai dengan 30 detik. Ini adalah fitur yang sangat bagus ketika sebenarnya kamu ingin berbagai foto atau video tapi tidak tampil di profile Instagram kamu. Nantinya, foto atau video yang ada di story akan terarsip otomatis setelah 24 jam. Setelah 24 jam, pengguna lain tidak bisa melihat story tersebut.

IGTV

Sedari tadi, postingan di Instagram hanya sebatas 60 detik saja. Apakah ada yang lebih lama? Ada! Yaitu dengan memanfaatkan IGTV yang dibuat Instagram untuk menjadi pesaing Tiktok. Ya, fungsinya sama persis dengan Tiktok. Tapi, sekarang ini IGTV sudah tidak ada, fitur ini sudah dihapus semenjak pertengahan 2021 dan digantikan dengan Reels.

Reels

Reels adalah cara baru untuk membuat dan menemukan video singkat yang menghibur di Instagram. Reels mengundang kamu untuk membuat video seru untuk dibagikan dengan teman atau siapa pun di Instagram. Rekam dan edit video multi-klip 15 detik sampai dengan 90 detik dengan audio, efek, dan alat kreatif baru dari Instagram yang membuat Reels jadi makin seru.

Messenger

Fitur Messenger di Instagram memungkinkan kamu untuk bisa selalu terhubung dengan cara baru dengan teman yang menggunakan Facebook dan Instagram. Kamu akan dapat menggunakan fitur perpesanan baru seperti menggesek untuk membalas pesan, bereaksi dengan emoji apa pun, dan mengobrol dengan teman yang menggunakan Facebook. Semuanya tanpa meninggalkan Instagram. Inilah salah satu fitur menarik semenjak Instagram diakuisisi oleh META.

Shopping

Fitur baru Shopping di Instagram akan memungkinkan merek dan Influencer untuk menjual barang langsung dari feed mereka. Instagram telah merampingkan pengalaman pengguna untuk menandai produk di dalam konten. Alih-alih mengeluarkan pengguna dari platform, pembayaran dan konfirmasi pesanan akan terjadi di dalam aplikasi secara langsung.

Istilah Lainnya Di Instagram

Sangat lengkap ternyata fitur dan juga fungsi dari Instagram. Tak heran jika Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang sangat terkenal. Bahkan kamu bisa saja secara tidak sadar jika memegang smartphone langsung menekan aplikasi Instagram.

Sebagai pengguna Instagram, ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui jika memang kamu ini adalah pengguna sejati atau bahkan ingin menjadikan Instagram ini sebagai platform jualan online. Apa saja istilah itu?

Tag Dan Hashtag

Istilah pertama yang harus kamu ketahui adalah tag dan juga hashtag. Di dalam aplikasi Instagram bahkan Facebook, pemberian tag memberitahu penerima dan hyperlink ke profil yang diberi tag.

Sedangkan untuk hashtag merupakan kata atau frasa yang diawali dengan tanda pagar (#), digunakan dalam postingan media sosial untuk mengidentifikasi kata kunci atau topik yang diminati dan memfasilitasi pencariannya.

Caption

Selanjutnya ada caption. Caption yang ada pada aplikasi Instagram adalah deskripsi atau penjelasan tertulis tentang foto Instagram untuk memberikan lebih banyak konteks. Caption Instagram dapat menyertakan emoji, hashtag, dan tag.

Editor

Editor atau Instagram Story Editor adalah fitur yang dibangun langsung ke dalam aplikasi Instagram. Istilahnya, kamu dapat menggunakan editor untuk mengunggah konten foto atau video yang ada, atau mengambil fotomu sendiri langsung di dalam aplikasi. Editor mencakup berbagai pilihan desain dan pengeditan. Di dalam editor ini, ada yang disebut dengan “filter”.

Filter Instagram

Dan yang terakhir adalah istilah filter. Filter Instagram adalah overlay yang dapat kamu pakai pada fotomu untuk membantu gambar tampak lebih menarik secara visual. Selain untuk foto, di video juga bisa kamu berikan filter yang membuat warna dari video yang kamu post akan jadi lebih menarik.

Cara Menggunakan Instagram

Itulah tadi berbagai informasi yang bisa dipaparkan dengan jelas apa saja yang menjadi fungsi dari sosial media Instagram, fungsinya, keistimewaan Instagram dibandingkan aplikasi sosial media yang lain, serta beberapa istilah yang dapat membantu dalam menggunakan Instagram dengan jelas.

Sebenarnya memang bukan hal yang tidak mungkin ada yang masih bingung tentang bagaimana cara menggunakan Instagram. Tapi tidak ada salahnya untuk berbagai informasi tentang bagaimana cara menggunakan Instagram kepada yang masih baru dalam menggunakan Instagram ini dalam keperluan untuk promosi usahanya atau sekedar mencari hiburan.

Membuat Akun Instagram

untuk membuat akun Instagram, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu:

  • Kamu memerlukan nomor telepon atau alamat email yang valid untuk mendaftar akun Instagram.
  • Saat menggunakan aplikasi di smartphone, ketuk “Daftar” di bagian bawah untuk memulai proses pendaftaran.
  • Saat menggunakan browser web, buka situs web Instagram dan klik “Daftar”.

Ada 3 cara untuk mendaftar di Instagram:

  • Menggunakan nomor telepon
  • Menggunakan email
  • Melalui Facebook

Berikut ini adalah cara singkat untuk membuat akun Instagram yang perlu kamu ketahui:

  1. Unduh aplikasi Instagram untuk seluler
  2. Tentukan nomor telepon atau email. Jika kamu daftar dengan menggunakan Facebook, cara ini sudah langsung dilewati karena menggunakan informasi kontak sesuai yang ada di Facebookmu
  3. Tetapkan nama depan dan belakangmu
  4. Masukkan kode 6 digit yang akan dikirimkan melalui email atau nomor telepon
  5. Tetapkan kata sandi untuk akun Instagram
  6. Pilih nama pengguna Instagram sesuai keinginan atau menggunakan saran dari Instagram
  7. Temukan teman Facebook di Instagram jika perlu
  8. Temukan teman dari kontak telepon di seluler jika memang perlu
  9. Siapkan foto profil Instagram
  10. Simpan kata sandi untuk akun Instagram yang kamu buat agar tidak lupa jika sewaktu-waktu dibutuhkan

Tambahkan akun Instagram ke daftar Following jika kamu ingin mengikuti Instagram orang yang kamu kenal

Membuat Instagram Story

Setelah berhasil membuat akun Instagram, sekarang ketahui cara yang paling basic, adalah membuat Instagram story.

  1. Ketuk tombol lingkaran di bagian atas kiri layar untuk mengambil foto atau ketuk dan tahan untuk merekam video. Untuk menambahkan foto atau video dari galeri Anda, geser layar ke atas atau ketuk ikon foto di sisi kiri bawah layar.
  2. Edit foto atau video dengan teks (tombol Aa) atau tambahkan gambar (tombol dengan tiga titik).
  3. Ketuk Selesai untuk menyimpan Story kamu.
  4. Ketuk tombol Story untuk membagikannya ke Story kamu, atau tombol Close Friends untuk berbagi dengan daftar akun yang sudah kamu pilih mana yang bisa melihat Story kamu.

Ulangi langkah-langkah ini jika kamu ingin menambahkan lebih dari satu foto atau video ke Story Instagram kamu. Setiap foto yang kamu tambahkan dalam periode 24 jam akan ditempatkan di Story Instagram kamu dan akan hilang, kamu bisa melihatnya di arsip.

Membuat Upload Feed

Sekarang, adalah membuat postingan yang akan tampil di feed Instagrammu. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Ketuk tombol plus di bagian atas beranda Instagram.
  2. Pilih gambar atau video yang ingin Kamu posting: kamu dapat memilih untuk menambahkan dari rol kamera atau mengambil foto atau video langsung di aplikasi.
  3. Setelah kamu sudah memilih gambar atau video yang ingin kamu posting, tekan “Next” di pojok kanan atas.
  4. Sekarang adalah tempat kamu dapat memfilter atau mengedit foto di Instagram. Ada sejumlah filter Instagram bawaan yang dapat dipilih. Dari warna yang diperjelas dan saturasi yang lebih memuat warna lebih menarik seperti Clarendon dan Lark, atau Moon dan Willow hitam putih, Anda dapat menggunakan filter Instagram mana saja untuk mengedit gambarmu.
  5. Saatnya untuk memasukkan caption, menandai orang, dan menambahkan lokasi ke postingan.
  6. Dan Langkah terakhir adalah untuk menekan “Share” dan tunggu beberapa saat sampai selesai.

Share Postingan

Apakah kamu mendapati ada postingan feed, reels atau barang di Instagram shop yang menarik dan ingin membagikannya dengan teman di Instagrammu? Ada fitur yang dinamakan Share dimana kamu bisa share postingan tersebut entah itu kamu share ke story atau share ke Direct Message akun Instagram teman atau pengguna lain.

Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Temukan kiriman yang ingin Anda bagikan dan tekan tombol Bagikan di pojok kanan bawah kiriman yang berbentuk seperti pesawat kertas.
  2. Di menu pop-up yang muncul, pilih Bagikan sekarang jika ingin membagikan postingan secara instan atau Bagikan ke story jika ingin menambahkan teks deskriptif ke postingan yang akan kamu bagikan.

Cara ini sangat bagus untuk memasarkan sebuah produk atau sekadar berbagai informasi. Ingat, Instagram juga menjadi sebuah ladang untuk bisnis.

Kesimpulan

Itulah tadi berbagai penjelasan tentang Instagram secara lengkap. Sebagai platform sosial media yang sangat memungkinkan untuk dijadikan ladang bisnis baik itu untuk memasarkan produk, jasa, atau sekedar sebagai company profile, tentu saja harus dilakukan riset yang mendalam untuk pengelolaannya.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk hal itu, ada jasa kelola sosial media dari kami yang dapat membantu agar mendapatkan traffic Instagram yang bagus.

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *