Blog Handmark Studio

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Apa itu SEO? Perngertian dan Cara Kerjanya!

Bagi sebagian besar orang, memiliki website untuk menunjukkan portofolio perusahaannya merupakan sebuah keharusan. Namun kita pasti tahu bahwa menemukan website yang Anda kelola pada mesin pencarian dengan mengetikkan kata kunci yang Anda inginkan adalah hal yang tidak mudah. Maka dari itu, ada teknik yang dinamakan SEO yang bisa Anda terapkan pada website Anda. Sebenarnya apa itu SEO?

SEO atau yang Search Engine Optimization adalah berbagai proses yang dilakukan secara sistematis pada sebuah website untuk meningkatkan kualitas traffic kunjungan dan volume melalui sebuah mesin pencarian yang ada di internet untuk menuju pada website tersebut dengan memanfaatkan algoritma pada mesin pencarian yang ditargetkan.

Cara Kerja Mesin Pencari

Diatas sudah disinggung sedikit mengenai mesin pencarian. Anda pasti sudah sangat familiar dengan mesin pencarian salah satunya yang sangat terkenal adalah Google.

Search engine atau mesin pencari adalah tools, salah satu laman web yang sangat berguna untuk menemukan informasi yang ingin dicari dengan mengetikkan suatu keyword di laman search engine tersebut. Salah satu halaman search engine yang sangat familiar adalah Google karena 83% pengguna internet menikmati search engine ini.

Relevansi

SEO mendukung situs web untuk bisa masuk ke halaman mesin pencarian. Ada banyak metode SEO yang bisa dilakukan, salah satunya SEO on-pages. Mungkin pertanyaan yang mungkin adalah bagaimana relevansi SEO on pages terhadap aturan dari Google serta apa saja yang berpengaruh di bagian SEO on pages. Selain on pages mungkin relevansi ini berkaitan dengan off page. Namun yang mungkin sangat berpengaruh adalah on pages.

SEO digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari dan memudahkan calon pembaca untuk menemukan situs web yang mereka inginkan. Situs web yang telah diunggah ke internet akan dibaca secara otomatis oleh algoritma Google (crawl) dan nantinya informasi yang ada di situs web tersebut yang relevan dengan kata kunci yang sering dicari maupun yang belum pernah dicari dan dianggap sebagai informasi yang bagus akan disimpan dalam database Google (indexing) yang nantinya akan dikeluarkan ketika ada seseorang yang mencari kata kunci yang relevan dengan situs web tersebut.

Otoritas (Authority)

Otoritas adalah ukuran kualitatif yang memperkuat keseluruhan visibilitas dan peringkat situs web. Taktik inti bagi pakar SEO adalah meningkatkan otoritas. Aspek otoritas tambahan adalah konten informatif yang membangun tautan berkualitas tinggi yang efektif. Tapi Otoritas tidak bisa sendirian menjamin visibilitas pencarian.

Otoritas yang bagus adalah berdasarkan dengan keterkaitan kata kunci dengan konten yang Anda tuju. Dengan otoritas yang bagus, tentunya visibilitas dapat meningkat.

Kegunaan

Tujuan dari algoritma mesin pencari adalah untuk menyajikan serangkaian hasil pencarian berkualitas tinggi yang relevan yang akan memenuhi permintaan atau pertanyaan pengguna secepat mungkin.

Pengguna kemudian memilih opsi dari daftar hasil pencarian dan tindakan ini, bersama dengan aktivitas berikutnya, kemudian memasukkan pembelajaran di masa mendatang yang dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari di masa mendatang.

Cara Kerja SEO

Jika dijelaskan secara rinci, mungkin akan sangat panjang untuk cara kerja dari SEO sendiri. Namun, ada penjelasan singkatnya saja mengenai bagaimana cara kerja dari SEO. Berikut ini adalah cara kerja dari SEO:

Kita mungkin pastinya tahu, jika mesin pencarian memiliki algoritma bagaimana jika kita mengetikkan kata pada mesin pencarian maka akan muncul website-website yang pada isi kontennya terdapat kata yang relevan dengan apa yang ingin kita cari.

Bisa begitu karena mesin pencari akan memindai, atau crawl, situs web yang berbeda untuk lebih memahami tentang apa situs tersebut. Ini membantu mereka memberikan hasil yang lebih relevan kepada mereka yang mencari topik atau kata kunci tertentu. Maka dari itu, membuat website berisikan konten yang mudah dijangkau dan juga website yang SEO friendly sangatlah penting agar mesin pencarian mudah untuk melakukan crawling.

Hasil Organik vs. Berbayar

Pada mesin pencarian, contohnya saja Google. Pada saat Anda mengetikkan kata kunci, Anda pasti mendapati beberapa website yang berada di top 1 ada bisa saja yang berlabel “Ad”. Dan pada website di bawahnya mulailah Anda mendapati berbagai website yang lain. Teknik SEO sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu Organik dan juga berbayar atau anorganic.

Apa sih perbedaannya?

Hasil Pencarian Organik

SEO organik adalah cara alami untuk menentukan peringkat situs di search engine result page (SERP) pertama tanpa membayarnya. Ini dianggap sebagai cara yang dapat dipercaya dan terbaik untuk mengamankan peringkat tinggi di SERP.

Beberapa praktik dan teknik terbaik yang digunakan dalam SEO organik adalah optimasi situs web, pembuatan tautan, manipulasi kata kunci, backlink, dan Meta tag untuk meningkatkan popularitas tautan situs web Anda dan menulis konten yang relevan dengan perusahaan Anda sehingga pelanggan potensial Anda dapat menemukan Anda secara online.

Jenis SEO ini menarik lalu lintas organik. Hasil lalu lintas organik ketika pengguna internet mengunjungi situs setelah mencari produk atau layanan menggunakan kata kunci dan mesin pencari memunculkan situs dan kemudian mengkliknya.

Alasan utama SEO organic adalah murah, hanya saja Anda harus bisa memanage website Anda sebaik mungkin dan secara konsisten.

Hasil Berbayar

SEO anorganik atau yang dari hasil berbayar adalah tentang pencarian berbayar. Ini termasuk iklan banner, biaya per klik (BPK), biaya per akuisisi (BPA), pay per click (PPC), dan iklan baris. Walaupun memang tidak murah untuk melakukan ini, namun ini adalah cara terbaik untuk bisnis dan pemilik situs yang membutuhkan hasil segera. Sangat disarankan agar Anda memiliki anggaran pemasaran.

SEO anorganik membawa lalu lintas anorganik ke situs. Lalu lintas anorganik mengacu pada kunjungan situs yang berasal dari situs sosial, iklan berbayar, dan pemasaran afiliasi.

Manfaat SEO anorganik termasuk lebih banyak visibilitas, hasil cepat, dan lebih banyak lalu lintas dalam waktu singkat.

Mengapa SEO Penting?

Keuntungan seorang pemilik website yang mempelajari dan menerapkan algoritma SEO tentunya sangat banyak, salah satunya adalah traffic kunjungan yang meningkat pada website-nya. Hal ini juga berlaku bagi pelaku e-Commerce, yang tentunya sangat menguntungkan karena barang yang dijualnya dapat dengan mudah ditemukan bagi calon pembeli.

Sebagai portofolio dari perusahaan juga sangat penting. Bayangkan saja, Anda menjual dompet kulit asli, pastinya bukan hanya Anda saja yang menjual dompet kulit asli. Ada banyak sekali pengrajin yang menjual produk serupa dengan Anda dan menjualnya pada e-commerce atau pada website. Saingan sebanyak itu tentunya tidak semua memahami SEO.

Keuntungan menerapkan SEO pada website Anda adalah Anda bisa bersaing dengan website lainnya yang menjual barang sama dengan Anda. Semakin bagus SEO Anda pastinya website Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh calon customer.

Konsumen dan Kata Kunci (Keyword)

Cara SEO setelahnya adalah tentang konsumen dan juga kata kunci. Riset untuk konsumen dan juga kata kunci dalam SEO sangatlah penting. Mari kita bahas satu-persatu keterkaitan konsumen dan kata kunci dalam teknik SEO.

Riset Konsumen

Riset konsumen adalah praktik untuk mengidentifikasi perilaku, preferensi, motivasi dari pelanggan dalam membeli suatu produk atau layanan yang ditawarkan. Praktik ini biasanya juga disebut sebagai consumer research dan adalah komponen dari market research.

Tujuan dari diberlakukannya praktik ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kepuasan dari para pelanggan. Kian mereka puas, pertumbuhan bisnis akan kian bagus.

Lalu, seperti apa prakteknya dalam kesibukan bisnis?

Sebagai model, perusahaan yang memasarkan produk kue brownies ingin meluncurkan produk terbarunya. Akan tetapi, sebelum itu mereka melakukan riset berkaitan para pelanggannya dengan mencari tahu perilaku pembelian, keadaan sulit, serta permintaan tertinggi dari pasar. Sesudah itu, perusahaan tentu akan mengetahui apa saja kekurangan dari produknya serta solusi apa yang dapat memecahkan keadaan sulit dari pelanggannya.

Hasilnya, perusahaan dapat menghasilkan produk yang layak dengan keinginan dan kebutuhan dari target customer.

Menemukan Kata Kunci (Keyword)

Sebelum Anda dapat membantu bisnis tumbuh melalui optimasi mesin pencari, Anda harus terlebih dahulu memahami siapa mereka, siapa pelanggan mereka, dan tujuan mereka.

Di sinilah sudut sering dipotong. Terlalu banyak orang mengabaikan langkah perencanaan penting ini karena penelitian kata kunci membutuhkan waktu, dan mengapa menghabiskan waktu ketika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda ranking?

Jawabannya adalah apa yang ingin Anda rangking dan apa yang sebenarnya diinginkan audiens Anda seringkali merupakan dua hal yang sangat berbeda. Berfokus pada audiens Anda dan kemudian menggunakan data kata kunci untuk mengasah wawasan tersebut akan menghasilkan kampanye yang jauh lebih sukses daripada berfokus pada kata kunci yang berubah-ubah.

Setelah Anda memasukkan kata kunci inti Anda ke dalam alat penelitian kata kunci, Anda akan mulai menemukan kata kunci lain, pertanyaan umum, dan topik untuk konten Anda yang mungkin terlewatkan.

Mari kita gunakan contoh toko handphone yang berspesialisasi dalam pernikahan.

Mengetik “handphone murah” dan “toko hp” ke dalam alat penelitian kata kunci, Anda mungkin menemukan istilah terkait yang sangat relevan dan sangat dicari seperti:

  • HP murah
  • Android terbaik
  • Toko hp android

Tips Riset Kata Kunci (Keyword)

Ada beberapa point atau tips bagaimana untuk melakukan riset kata kunci, diantaranya adalah:

1. Mencari volume pencarian

Semakin tinggi volume pencarian untuk kata kunci atau frase kata kunci tertentu, semakin banyak pekerjaan yang biasanya diperlukan untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi. Ini sering disebut sebagai kesulitan kata kunci dan kadang-kadang menggabungkan fitur SERP.

2. Memahami long tail

Akan sangat bagus untuk mendapatkan peringkat #1 untuk kata kunci “dompet”… apakah itu sangat realistis?

Sungguh luar biasa berurusan dengan kata kunci yang memiliki 50.000 pencarian sebulan, atau bahkan 5.000 pencarian sebulan, tetapi pada kenyataannya, istilah pencarian populer ini hanya merupakan sebagian kecil dari semua pencarian yang dilakukan di web.

Perhatikan kurva dibawah ini:

Jangan meremehkan kata kunci yang kurang populer ini. Kata kunci long tail dengan volume pencarian yang lebih rendah sering kali berkonversi lebih baik, karena mencari lebih spesifik dan disengaja dalam pencarian mereka.

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *