Blog Handmark Studio

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

10 Rahasia Cara Jualan di Instagram untuk Pemula

10 Rahasia Cara Jualan di Instagram untuk Pemula

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini.

Selain digunakan untuk berbagi foto dan video, Instagram juga dapat digunakan sebagai alat untuk menjual produk atau jasa.

Namun, bagi pemula, menjual di Instagram mungkin tampak menakutkan.

Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah bagi Anda yang ingin menjual di Instagram secara efektif.

Alasan Kenapa Harus Jualan di Instagram?

Platform media sosial ini memiliki jumlah pengguna aktif yang sangat besar, dengan 1 milyar pengguna per bulannya.

Di Indonesia sendiri, terdapat 59 juta akun yang terdaftar, menempatkan negara ini di peringkat keempat pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Ini merupakan peluang pasar yang luar biasa untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan bisnis Anda.

Meskipun algoritma Instagram sering berubah-ubah, dengan mengetahui dasar-dasar dan konten yang disukai pengguna, Anda dapat menjual dengan sukses di platform ini.

Selain itu, ada banyak cara lain yang dapat Anda coba untuk meningkatkan jualan di Instagram.

Lalu Bagaiama Agar Jualan di Instagram Laku Keras?

Jualan di Instagram memang menjanjikan, namun tidak semudah yang dibayangkan.

Namun, jika Anda tahu cara berjualan di Instagram yang efektif, Anda dapat mendapatkan keuntungan yang besar.

Namun, sebelum memulai berjualan di Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar jualan Anda laku keras.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara berjualan di Instagram secara efektif dan bagaimana membuat jualan Anda laku keras di platform ini.

Buat akun bisnis profesional di Instagram khusus untuk bisnis Anda

Untuk membuat akun Instagram bisnis cukup mudah.

  • Pertama-tama pastikan Anda telah memiliki akun pribadi.
  • Kemudian, klik pada tiga garis yang ada di pojok kanan atas profil Anda.
  • Pilih pengaturan dan ganti menjadi akun bisnis.

Di akun bisnis, Anda dapat melihat insight dari tiap konten yang Anda unggah dan overview dari profil Anda.

Anda juga dapat melihat data audiens seperti asal kota, umur, dan gender.

Ini akan membantu Anda dalam menyusun strategi dan konten pemasaran yang lebih sesuai dengan audiens Anda.

Anda juga dapat menambahkan kontak seperti nomor telepon, alamat email, atau link pemesanan di akun bisnis Anda

Manfaatkan URL di bio profil Anda

Menambahkan tautan atau link pada bio profil Instagram Anda adalah cara populer yang digunakan oleh banyak orang untuk mempromosikan bisnis mereka.

Jika pelanggan menemukan akun Instagram Anda, mereka dapat mengklik tautan tersebut untuk diarahkan ke halaman yang relevan.

Anda juga dapat menggunakan layanan seperti linktree untuk menambahkan lebih dari satu link.

Untuk mengoptimalkan tautan di bio dalam meningkatkan jualan, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti mengedit tautan, memendekkannya jika terlalu panjang, mengarahkan pengguna untuk membuka tautan, dan mengubah tautan secara berkala sesuai dengan promosi produk yang sedang berlangsung.

Ini akan memudahkan pengunjung dalam menemukan produk yang mereka cari tanpa harus membuka homepage web dan mengetikkan pencarian produk secara manual.

Maksimalkan Tampilan Profil Akun Bisnismu

Pebisnis yang baru pertama kali mempelajari cara berjualan di Instagram seringkali lupa akan hal-hal penting seperti menarik perhatian pelanggan dan membuat profil mudah ditemukan.

Untuk membuat profil yang menarik dan meyakinkan, pastikan Anda memilih nama akun yang unik dan sesuai dengan brand Anda.

Anda juga dapat mengoptimalkan tampilan profil dengan menggunakan foto profil yang eye-catching dan bio yang meyakinkan dan informatif.

Jangan lupa untuk menyertakan informasi penting seperti jam operasional dan cara menghubungi Anda.

Selain itu, jaga konsistensi estetika dalam feed Anda.

Untuk membuat profil mudah ditemukan, gunakan hashtag secara efektif.

Daripada menggunakan banyak hashtag tidak jelas, lebih baik gunakan sedikit hashtag yang banyak dicari dan diikuti.

Pilih hashtag yang relevan dengan konten yang dibagikan dan target pasar Anda.

Jangan lupa untuk memilih hashtag yang tidak terlalu banyak digunakan agar konten Anda tidak tertimbun.

Koneksikan akun bisnis Anda di Instagram dengan akun media sosial lainnya

Di Instagram, Anda dapat menghubungkan akun bisnis Anda dengan akun di media sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan lainnya.

Anda dapat memilih untuk menghubungkannya dengan akun bisnis yang sudah Anda buat di media sosial lain atau dengan akun pribadi Anda di media sosial lainnya.

Dengan fitur koneksi ini, setiap postingan yang Anda buat di Instagram akan secara otomatis diterbitkan di media sosial lain yang terhubung, terutama Facebook.

Gunakan iklan Instagram untuk menjangkau audiens target Anda

Promosi produk secara organik dengan menggunakan hashtag atau fitur belanja di feed Instagram saja mungkin tidak cukup untuk meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, manfaatkan iklan berbayar agar bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh pelanggan yang tepat.

Instagram menyediakan berbagai format iklan, di antaranya:

  • Iklan foto
  • Iklan video
  • Iklan carousel
  • Iklan cerita
  • Iklan koleksi
  • Iklan di halaman Jelajah

Untuk mengoptimalkan Instagram Ads, buatlah konten iklan yang sesuai dengan minat target demografis dan gunakan opsi penargetan untuk mencapai audiens yang tepat.

Jangkauan iklan akan dipengaruhi oleh opsi penargetan, ukuran demografis, dan budget Anda.

Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah mempromosikan postingan yang menurut Anda memiliki engagement tinggi, sehingga postingan bisa muncul di feed orang yang belum mengikuti Anda.

Unggah konten berkualitas seperti foto produk/jasa dan tulis caption yang menarik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan juga untuk mengunggah konten secara teratur.

Dengan begitu, followers akan selalu terupdate dengan produk-produk terbaru yang kamu jual.

Jangan lupa untuk mengoptimalkan hashtag dan tag lokasi agar kontenmu lebih mudah ditemukan oleh potensial pembeli.

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan tagar atau hashtag pada setiap postingan.

Tagar dapat membantu pelanggan menemukan produk yang dicari dengan mudah dan juga membuat postinganmu terlihat di hasil pencarian tagar.

Jangan lupa untuk membuat konten yang beragam, seperti produk yang dijual, behind the scene, testimoni pelanggan, dan lainnya.

Hal ini akan membuat akunmu terlihat lebih hidup dan menarik bagi pelanggan.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengupdate harga dan stok produk agar pelanggan tidak kecewa dan membuat pembelian yang salah.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kinerja akun Instagrammu dan membuat strategi baru untuk meningkatkan jualan.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam berjualan di Instagram tidak datang dengan sendirinya, tapi harus diusahakan dan dioptimalkan.

Gunakan hashtag yang efektif

Penggunaan hashtag di Instagram merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan eksposur produk yang kamu jual.

Hashtag dapat ditambahkan pada konten yang kamu unggah, seperti foto atau video, serta di Instagram stories.

Hashtag yang tepat dapat membuat postingan kamu muncul di halaman explore Instagram dan meningkatkan kesempatan produk kamu ditemukan oleh pelanggan potensial.

Gunakan beberapa hashtag yang relevan dengan produk yang kamu jual, misalnya #jualkacamata, #kacamatamurah, #kacamakorea, atau #kacamatafashion.

Jangan terlalu banyak menambahkan hashtag, namun cukup 11 tagar yang bagus.

Gunakan juga aplikasi hashtag yang tersedia di playstore untuk membantu dalam pemilihan hashtag yang tepat.

Ingatlah untuk selalu menambahkan hashtag yang sesuai dengan produk yang kamu jual agar nama brand kamu sering muncul di Instagram.

Sering unggah testimoni pelanggan dan buatlah give away

Untuk meningkatkan interaksi dengan audiens dan menarik perhatian pelanggan, Anda bisa mengadakan Giveaway dan testimoni.

Giveaway dapat meningkatkan jumlah pengikut dan meningkatkan brand awareness, sedangkan testimoni dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Namun, sebaiknya melakukan konsultasi dengan ahli digital marketing agar promosi digital yang dilakukan lebih efektif.

Buat konten stories dan reels dengan link produk

Sebagai bisnis, kamu juga bisa memanfaatkan Instagram Stories untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

Kamu bisa mengunggah foto atau video produk dan menyertakan link yang bisa di-klik dan mengarah ke website pembelian.

Kamu juga bisa mengadakan sesi Q&A di questions box, mengunggah konten proses produksi, pengemasan, dan lainnya.

Reels juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk dengan cara yang menarik dan mengikuti trend yang sedang ramai.

Menambahkan link ke Instagram Stories cukup mudah, kamu hanya perlu memilih foto atau video yang ingin dijadikan stories, klik ikon rantai atau link, kemudian masukkan link yang kamu inginkan dan ubah nama stiker link yang dapat di tap.

Stories memiliki efektivitas jualan yang tinggi karena dapat membangun interaksi dengan pengguna.

Menurut Statista, 500 juta pengguna Instagram mengakses Stories setiap harinya, jadi ini merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Akun bisnis dengan minimal 10 ribu followers dan akun terverifikasi juga dapat menyematkan tautan di Stories, yang akan sangat potensial untuk mendorong penjualan.

Namun, pastikan website yang ditautkan juga mobile friendly karena Instagram utamanya dibuat untuk platform mobile.

Gunakan fitur shopping di Instagram

Instagram shopping adalah fitur baru yang dikeluarkan pada 2020.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat katalog produk digital dengan menyertakan label harga, nama produk, deskripsi, dan tautan pembelian.

Katalog ini akan muncul di kolom shop di Instagram.

Tujuan utama fitur ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan engagement.

Dengan konten yang shoppable, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk.

Namun, pastikan akun jualanmu sudah diatur menjadi akun bisnis agar bisa menggunakan fitur ini.

Beberapa manfaat dari Instagram shopping antara lain pelanggan bisa melihat detail produk, menuju situs pembelian, dan menyelesaikan pembelian tanpa keluar dari aplikasi.

Postingan juga bisa dibagikan dan dijangkau oleh orang baru, terutama jika muncul di halaman explore.

Kamu juga bisa menandai hingga 5 produk dalam satu foto atau lebih banyak jika mengunggah konten carousel.

Untuk membuat toko online dengan Instagram shopping, pastikan lokasi bisnismu didukung oleh Instagram shopping.

Ubah akun Instagrammu menjadi akun bisnis, hubungkan akun Instagrammu dengan katalog Facebook, masuk ke pengaturan profil, klik Business dan pilih Instagram shopping, ikuti langkah yang diberikan, dan ajukan akunmu untuk direview.

Setelah review selesai, kamu bisa menggunakan

Atur jadwal posting Anda dengan efektif

Jangan lakukan posting berlebihan dalam waktu yang berdekatan karena ini dapat dianggap sebagai spam.

Buat jadwal posting yang efektif dan teratur.

Sebuah akun toko online yang baik harus memiliki minimal 100 posting produk di Instagram.

Jika ingin memposting banyak produk sekaligus, lakukan hal itu sebelum memiliki followers.

Hal ini akan menghindari gangguan bagi followers kamu.

Untuk menghindari deteksi spam dari Instagram, lakukan posting secara teratur seperti 2 posting per 3 jam dan seterusnya, atau kamu bisa menggunakan template waktu terbaik post di IG.

Dapatkan followers dari akun pribadi dan kerja sama dengan influencer

Untuk meningkatkan jumlah followers pada akun bisnis Instagram, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan akun pribadi sebagai media promosi awal.

Kamu bisa mengajak teman-teman dan kerabat untuk mengikuti akun bisnismu dan menjadi basis followers pertama.

Selain itu, kamu juga dapat mencari followers dari akun-akun terkenal yang sesuai dengan target konsumenmu dengan cara mem-follow para followersnya secara berkala dan konsisten.

Jangan lupa untuk mengikuti strategi target dan jangan melakukan follow akun secara banyak sekaligus dalam satu waktu karena akan dideteksi sebagai spam oleh Instagram.

Selain itu, kerja sama dengan influencer juga dapat meningkatkan jumlah followers dan meningkatkan kredibilitas brandmu.

Influencer marketing adalah cara mempromosikan produk atau jasa melalui para influencer yang memiliki pengaruh di masyarakat.

Influencer dapat berupa YouTuber, Content Creator, Beauty Vlogger, Blogger, atau Public Figure yang memiliki engagement yang baik dengan followersnya.

Menurut laporan Nielsen’s Customers Trust Index, 92% pelanggan lebih percaya pada influencer marketing daripada iklan tradisional.

Dalam menjalankan influencer marketing, pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan brand kamu dan melakukan riset mendalam terlebih dahulu.

Kamu juga bisa memilih nano atau micro influencer yang cocok dengan budget dan skala bisnis yang kamu miliki.

Influencer marketing sangat populer dalam lima tahun terakhir karena lebih mudah menarget audiens, mudah membangun kepercayaan pelanggan, biaya relatif lebih murah, dan tidak mungkin diblokir oleh adblock.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dilakukan riset yang baik dan membuat jadwal posting yang efektif.

Jangan terpaku pada jumlah followers saja, tingkat engagement juga penting untuk diperhatikan.

Sudah Siap Jualan di Instagram?

Jika kamu sudah memulai bisnis di Instagram dan ingin meningkatkan performa akunmu, ada beberapa cara yang dapat kamu coba.

Mulai dari beriklan melalui Instagram Ads, bekerja sama dengan influencer, hingga melakukan riset pasar dan meningkatkan kualitas produk.

Namun, sebelum mencoba cara-cara tersebut, pastikan kamu sudah menjalankan hal-hal dasar seperti membuat profil bisnis, menambahkan produk, dan melakukan interaksi dengan followers.

Ingat untuk tetap sabar dan konsisten dalam menjalankan bisnis di Instagram.

Kamu juga dapat mencoba jasa kelola social media untuk memudahkan jualan di Instagram secara lebih detail.

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan promosi digitalmu dengan Handmark Studio digital marketing agar lebih efektif.

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *