Blog Handmark Studio

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Cara Membuat Konten SEO Friendly, Beserta Contohnya

Mungkin semua orang sepakat bahwa sesuatu yang bagus dan berkualitas akan sangat banyak diterima oleh banyak orang. Ternyata hal ini juga berlaku untuk SEO juga. Tidak hanya orang saja yang menyukai sebuah produk dengan kualitas tinggi, mesin pencarian pun juga sangat senang dan lebih mementingkan sebuah konten yang terdapat dalam sebuah website atau bahkan website itu sendiri memiliki kualitas yang bagus dan juga dengan managemen yang tertata juga.

Berbicara tentang SEO friendly, mungkin masih banyak orang yang bingung mengapa ada konten yang disebut dengan SEO friendly. Apakah konten tersebut harus mementingkan kuantitas? Ataukah hanya kualitas? Mari kita bahas!

Apa itu SEO Friendly

Secara logis, website yang berada pada halaman teratas pada mesin pencarian sangat berpeluang untuk dikunjungi oleh orang yang mencari sesuatu berdasarkan kata kunci yang diketikannya pada mesin pencarian tersebut. Kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana membuat website menjadi SEO friendly dan membuat pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ataupun berbelanja pada website e-commerce juga menjadi masalah mendasar mengenai teknik optimasi SEO, khususnya adalah pada bagian on page.

Membuat situs web yang SEO friendly berarti Google dan mesin pencari lainnya dapat crawling setiap halaman di situs web secara efisien, menafsirkan konten secara efektif, dan mengindeksnya dalam basis data mereka. Setelah diindeks, mereka kemudian dapat menyajikan halaman web yang paling relevan dan berharga kepada pengguna mereka berdasarkan topik yang mereka cari.

Jika Anda memiliki website atau blog yang menyediakan layanan yang Anda tawarkan pada calon costumer, maka yang perlu Anda perhatikan adalah membuat konten halaman produk dan layanan dan bagaimana cara blog Anda memiliki konten yang berkualitas tinggi.

Membuat Konten untuk Halaman Produk dan Layanan

Memang benar bahwa ini adalah tempat di mana Anda mungkin perlu lebih kreatif dan Anda perlu menemukan cara dan ide dari diri sendiri untuk menghasilkan konten. Tetapi kabar baiknya adalah jika Anda melakukannya, halaman produk memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat tinggi dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas sebagai landing page.

Jadi, jika Anda memerlukan bantuan untuk mencari tahu cara menemukan cara baru untuk membuat konten untuk halaman ini, perhatikan point-point dibawah ini:

1. Tanyakan: apa yang ingin diketahui orang tentang produk dan layanan dari Anda?

Saat Anda terjebak mencoba mengembangkan konten, tempat awal yang baik adalah bertanya apa sebenarnya yang ingin diketahui audiens Anda. Bagaimanapun, produk dan layanan Anda harus bertindak sebagai solusi untuk kebutuhan mereka. Namun, jangan biarkan produk dan layanan Anda sebagai dokumen yang berdiri sendiri, jawab pertanyaan yang diajukan pelanggan Anda.

Intinya adalah, selalu aktif dalam mengelola website Anda apabila ada yang bertanya. Ini sangat membantu website Anda berkembang menjadi lebih baik.

2. Seorang sales person yang interaktif: jadilah orang yang suka berbicara

Walaupun banyak bicara dianggap banyak orang berlebihan, namun tidak untuk audiens yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Ada beberapa hal yang harus Anda tuliskan pada konten Anda;

  • Mengapa produk atau layanan itu berguna?
  • Mengapa mereka membutuhkan produk Anda (yang belum pernah mereka pertimbangkan sebelumnya)
  • Mengapa perusahaan Anda adalah pilihan terbaik

Ingatlah bahwa Anda tidak ingin membanjiri mereka dengan informasi! Pastikan to the point!

3. Buat konten menjadi unik dan menarik perhatian

Karena ini adalah kesempatan untuk kebebasan kreatif dan menjadi inovatif, dorong batas dengan keunikan.

Berikut ini adalah ide bagaimana membuat konten yang menarik dan juga unik:

  • Perhatikan estetika seperti tata letak, gaya, dan pilihan warna
  • Temukan cara untuk menggunakan gambar dan video yang sesuai
  • Gabungkan merek dan misi Anda sesering mungkin
  • Manfaatkan ulasan pelanggan untuk mengklaim kisah sukses dan kepuasan
  • Jadikan ulasan pelanggan visual
  • Tautan ke konten terkait lainnya di situs Anda
  • Tambahkan bagian “disarankan” berdasarkan demografi dan minat pengguna

Semua poin ini menjadi lebih umum di halaman produk dan layanan, tetapi ini masih merupakan cara yang bagus untuk menawarkan sesuatu yang lebih kepada audiens Anda.

Membuat Konten Blog Berkualitas Tinggi

Memiliki konten blog dengan kualitas yang tinggi juga dapat mencipatakan website Anda menjadi SEO friendly. Tentu saja ada beberapa point dimana Anda harus perhatikan bagaimana cara membuat konten blog yang memiliki kualitas tinggi dan mudah diterima oleh audiens dan juga mesin pencarian.

Ada beberapa point yang harus Anda perhatikan, seperti:

1. Ketahui Target Audiens Anda

Sebelum menulis posting blog, Anda perlu mengetahui target pasar Anda.

2. Informasi Berharga

Pastikan Anda menulis informasi yang berharga. Semakin memiliki banyak informasi pada konten Anda, semakin banyak audiens yang tertarik.

3. Dapat Dibaca & Ringkas

Konten yang bagus adalah yang nyaman dibaca dan juga ringkas. Ini mempengaruhi ketertarikan audiens untuk sepenuhnya memperhatikan konten Anda.

4. Sumber Resmi

Perhatikan! Konten yang bagus adalah konten yang memiliki sumber resmi dan terpercaya! kepercayaan audiens adalah yang nomor satu untuk tertarik pada apa yang Anda tawarkan.

5. Mudah Dipindai.

Cara terbaik untuk membuat postingan dapat dipindai adalah dengan subjudul deskriptif di seluruh postingan.

6. Pemformatan yang Tepat

Setiap postingan juga membutuhkan kesimpulan singkat yang merangkum isi postingan tersebut. Paragraf pendek juga membuat postingan lebih mudah dibaca dan subjudul adalah cara yang bagus untuk mengelompokkan paragraf padat.

7. Panggilan untuk bertindak

Cara terakhir ini adalah cara yang jitu untuk blog Anda diketahui banyak orang. Caranya bisa dengan meninggalkan komentar, menjawab pertanyaan, membagikan postingan, atau mengunjungi situs web.

Contoh Konten Berkualitas Tinggi

Konten yang bagus adalah bagaimana cara Anda menampilkan sebuah konten dengan bagus dan juga terstruktur. Semakin bagus konten Anda, semakin banyak juga kemungkinan audiens yang membaca konten Anda share ke berbagai pihak. Ini bisa jadi menarik link yang merupakan hal penting bagi SEO.

Berikut ini adalah contoh konten dengan kualitas tinggi:

Daftar Lengkap

Daftar lengkap yang dimaksudkan disini adalah membuat list post. List post adalah artikel dalam format daftar. Ini daftar sejumlah alasan, tips, metode, jalan pintas, rahasia, jenis, cara, tren. Di sebelah infografis, ini adalah format posting paling populer sesuai dengan jumlah social shares yang bersangkutan.

Pada studi oleh Fractl dan BuzzStream menemukan bahwa list post adalah jenis yang paling shareable. Lebih dari 220.000 artikel yang di publish dari Juni 2014 sampai November 2014, olehnya menemukan bahwa list post adalah jenis yang paling shareable.

Panduan Langkah demi Langkah

Saat Anda mengunjungi sebuah forum yang membahas sesuatu dan masih menjadi perdebatan, itulah saatnya Anda share link konten panduan langkah demi langkah yang Anda buat pada blog Anda. Jika panduan yang Anda buat menarik, tentu saja itu akan mempengaruhi lalu lintas blog Anda.

Membuat panduan yang “lengkap” memang tidak mudah. Anda membutuhkan waktu yang banyak untuk melakukan riset, memikirkan design, dan juga bagaimana panduan yang Anda buat langsung on point.

Tapi demi blog dengan konten yang berkualitas tinggi, kenapa tidak?

Konten Dengan Data

Mungkin bisa Anda bayangkan jika Anda ingin mencari sebuah informasi, tentunya harus ada data yang menguatkan informasi yang terdapat pada salah satu konten di website tersebut bukan? Hal ini sangat berpengaruh kepada pencapaian informasi yang dapat diterima dan juga dipercaya.

Pastikan konten Anda memiliki data yang valid, apalagi untuk website yang membahas tentang kesehatan atau keuangan, harus ada sumber yang kredibel.

Panduan Lengkap

Dalam membuat konten yang berisikan informasi, pastikan Anda memberikan panduannya secara lengkap.

Contohnya seperti ini, Anda membuat konten tentang “cara menyiram pohon kaktus”. Anda memberikan panduan dari awal sampai akhir namun lupa menuliskan seberapa banyak air yang diperlukan oleh kaktus. Informasi ini menjadi tidak lengkap. Jika panduannya tidak lengkap dan malah berujung pada kesalahan informasi, tentu akan menurunkan rating pada website Anda bukan?

Konten Visual

Konten visual di situs web Anda memainkan peran penting dalam menjaga audiens Anda tetap terlibat, dan menggerakkan mereka melalui proses pembelian. Audiens Anda nantinya bisa membuat keputusan apakah mereka akan membaca atau mengambil tindakan pada postingan Anda dalam hitungan detik atau tidak.

Maka dari itu, buat konten visual semenarik mungkin dan mudah dipahami.

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *