Dalam dunia bisnis digital atau dalam dunia professional, memiliki Instagram dengan pengikut yang banyak adalah tujuan yang utama. Tujuan dari banyaknya followers ini tentunya adalah agar Instagram Anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak insight dan juga dijamin membuat akun Instagram Anda ini dipercaya oleh banyak orang. Dan jika Anda tawarkan adalah produk atau jasa yang dimiliki sendiri oleh Anda, dijamin banyak orang yang tertarik dengannya.
Nah, daripada Anda membeli followers yang sudah jelas itu sangat mudah, kekurangannya adalah followers tersebut bukanlah followers dengan akun yang aktif. Bagaimana dengan membentuk followers yang banyak yang dijamin itu adalah akun yang masih aktif dan memang memfollow akun Instagram Anda dengan sukarela? Tentu saja itu bukanlah yang hal tidak mungkin.
Anda datang di waktu yang tepat, karena di artikel ini Anda akan bisa mendapatkan cara gampang untuk menambah followers Instagram Anda dengan hanya hitungan minggu! 10 ribu followers? Mudah sekali!
Daftar Isi
- Tentukan Niche Atau Topik Yang Akan Anda Fokuskan Dalam Konten Instagram Anda
- Buat Konten Yang Berkualitas Dan Menarik
- Gunakan Hashtag Yang Relevan Dengan Konten Anda
- Gunakan Fitur Geotag Pada Setiap Postingan Anda
- Ikuti Akun-Akun Yang Relevan Dengan Niche Atau Topik Yang Anda Fokuskan
- Buat Kolaborasi Dengan Influencer Atau Akun Lain Yang Memiliki Jumlah Followers Yang Besar
- Gunakan Fitur “Story” Dengan Cara Yang Kreatif Dan Menarik
- Promosikan Akun Instagram Anda Di Akun Media Sosial Lainnya
- Gunakan Fitur “Instagram Live” Untuk Meningkatkan Interaksi Dengan Followers Anda
- Berikan Nilai Tambah Kepada Followers Anda Dengan Memberikan Konten Yang Bermanfaat Dan Memberikan Solusi Kepada Masalah Yang Mereka Hadapi
- Masih Terasa Ribet? Jasa Kelola Sosial Media Handmark Solusinya!
Tentukan Niche Atau Topik Yang Akan Anda Fokuskan Dalam Konten Instagram Anda
Yang pertama harus Anda perhatikan tentunya adalah untuk fokus dengan niche atau konten apa yang sebenarnya ingin Anda posting. Misalnya saja Anda ingin membuat akun Instagram yang khususnya adalah untuk kebutuhan jasa digital marketing, tentu saja yang harus Anda posting adalah yang tidak jauh dari dunia digital marketing.
Dengan konsisten, maka akan tidak mungkin untuk Instagram Anda akan sedikit demi sedikit mendapatkan followers yang memang tertarik dengan konten yang Anda buat.
Tidak ada salahnya juga sebenarnya dengan melenceng sedikit daripada niche yang Anda fokuskan, misalkan saja posting sesuatu yang sedang viral, tapi juga ada selipan juga yang mengarahkan kepada apa yang sebenarnya Anda tawarkan baik itu jasa atau produk.
Buat Konten Yang Berkualitas Dan Menarik
Setelah berpikir tentang konten yang akan Anda fokuskan, sekarang adalah tahap untuk membuat kontennya. Yang pasti tentu saja adalah Anda harus membuat konten yang memiliki kualitas dan juga menarik juga untuk followers atau calon followers yang mengetahui akun Instagram Anda.
Calon followers inilah yang Anda in car, jika konten yang Anda posting ini menarik, mereka akan dengan sukarela memfollow akun Instagram Anda karena memang postingan Anda menarik untuk dilihat.
Untuk mewujudkan itu semua, tentu saja adalah dengan memahami tentang bagaimana membentuk reels yang bagus dan aesthetic dan memahami rasio dari postingan di Instagram agar saat di upload tidak pecah gambar atau videonya.
Gunakan Hashtag Yang Relevan Dengan Konten Anda
Tujuan Anda di Instagram adalah untuk melibatkan audiens Anda saat ini secara teratur sambil juga meningkatkan jumlah pengikut nyata Anda atau biasa disebut cara yang organik.
Memposting foto baru, menarik, dan berkualitas akan memenuhi persyaratan pertama, tetapi untuk mulai berkembang, Anda akan menemukan bahwa hashtag pada foto Anda sangatlah penting. Pemberian hashtag memudahkan orang yang menelusuri istilah tertentu untuk menemukan foto atau video Anda.
Jadi hastag mana yang harus Anda gunakan? Ya tentu saja adalah hashtag yang relevan dengan postingan Anda. Jika Anda menggunakan hashtag Instagram populer di dalam postingan Anda, kemungkinan besar Anda akan menjangkau pengguna baru dan ditemukan juga.
Gunakan Fitur Geotag Pada Setiap Postingan Anda
Selain hashtag, Anda juga dapat membuat feed dan story di Instagram Anda mudah ditemukan dengan menandai lokasi Anda. Entah kota tempat Anda berada atau tempat pengambilan foto atau video. Ini adalah fitur geotag yang memang ada pada Instagram.
Lokasi tidak hanya memiliki umpan Instagram sendiri tetapi juga story sendiri, dan hashtag yang dapat Anda kontribusikan saat menggunakan stiker lokasi di story Anda sendiri.
Bisnis lokal bisa mendapatkan nilai maksimal dari tag lokasi dengan memposting secara teratur ke feed ini dan juga terlibat dengan postingan dari calon pelanggan yang secara fisik berada di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang ini adalah cara untuk mendapatkan followers di sekitar Anda.
Ikuti Akun-Akun Yang Relevan Dengan Niche Atau Topik Yang Anda Fokuskan
Salah satu cara terbaik untuk menemukan dan menarik pengikut baru adalah dengan mencari akun Instagram pesaing terdekat Anda dan berinteraksi dengan audiens mereka. Orang-orang ini telah menunjukkan ketertarikan pada produk yang Anda bawa hanya dengan mengikuti pesaing Anda.
Jadi bagaimana Anda secara efektif mencuri pengikut pesaing Anda? Dengan terlibat dengan mereka. Ada beberapa cara untuk terlibat dengan pengguna Instagram, dan semakin banyak pekerjaan yang Anda lakukan, semakin banyak pengikut dan keterlibatan berulang yang akan Anda dapatkan darinya.
Bagaimana caranya? Mudah, hanya dengan mengikuti saja akun-akun pesaing yang relevan dengan niche atau topik yang Anda fokuskan. Ini jadi relevan karena jika ada followers yang memfollow akun tersebut, maka kemungkinan besar Instagram akan menyarankan juga akun Anda karena nichenya sama persis.
Buat Kolaborasi Dengan Influencer Atau Akun Lain Yang Memiliki Jumlah Followers Yang Besar
Jangan terlalu idealis jadi orang, selalu ingin bekerja sendiri agar bisa mendapatkan banyak followers. Sesekali Anda harus juga melibatkan orang lain, salah satunya adalah dengan membuat kolaborasi dengan influencer atau akun lainnya yang memiliki jumlah followers yang besar.
Untuk memulai, Anda harus membuat daftar akun besar di lingkungan pasar Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk otomotif, Anda pasti ingin mencari akun besar dari blogger otomotif.
Anda mungkin sudah mengikuti akun ini, tetapi jika tidak, Anda harus menemukannya. Salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan Webstagram untuk mencari beberapa kata kunci hashtag terbaik yang pernah Anda temukan. Saat Anda melakukan pencarian untuk kata kunci Anda, Anda akan melihat kata kunci terkait, bersamaan dengan akun Instagram teratas yang menampilkan kata kunci tersebut.
Ada beberapa hal yang harus dicari di hasil profil:
- Banyak followersnya (biasanya 20.000 hingga 200.000)
- Alamat email di profil
Jika ada alamat email di profil, biasanya akun tersebut terbuka untuk paid promote. Paid promote yang ditawarkan kepada akun Instagram tersebut tergantung dengan persetujuan Anda dengan akun Instagram tersebut. Bisa di reels nya, atau di Instagram storynya yang memang itu adalah cara terbaik untuk mendapatkan insight.
Gunakan Fitur “Story” Dengan Cara Yang Kreatif Dan Menarik
Instagram Stories telah mengubah cara orang menggunakan Instagram secara mendasar.
Baik individu maupun merek mendobrak batasan umpan yang dikuratori dengan indah untuk membagikan lebih banyak konten spontan dan di balik layar melalui Instagram Stories. Instagram story memang menjadi salah satu fitur yang sangat bagus untuk bagaimana membuatnya semenarik mungkin dan sekreatif mungkin.
Mungkin Anda sadar, jika sekarang ini pengguna Instagram lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melihat story akun yang di follownya daripada menikmati feed yang ada di berandanya.
Nah, tugas kamu sekarang adalah untuk bagaimana caranya untuk menggunakan fitur ini agar menarik.
Promosikan Akun Instagram Anda Di Akun Media Sosial Lainnya
Jangan hanya mengandalkan Instagram saja, Anda juga bisa mengandalkan akun sosial media yang lain untuk mempromosikan akun Instagram Anda. Hal ini biasa disebut dengan cross promotion atau promosi silang.
Promosi silang melibatkan memposting konten serupa di berbagai saluran media sosial. Ini adalah taktik yang digunakan untuk menghemat waktu dan sumber daya. Ini juga efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menumbuhkan audiens di Instagram.
Tentu saja Anda sepaham jika pengguna smartphone menghabiskan lebih banyak waktu dengan aplikasi video dan hiburan, dengan konten video di platform media sosial menyumbang peningkatan terbesar. Baik itu video pendek atau tutorial panjang, Anda ingin meningkatkan jangkauan konten Instagram Anda.
Posting saja postingan yang sama dengan Instagram Anda di sosial media yang lain seperti Twitter atau Tiktok. Anda bisa menambahkan caption untuk mengarahkan ke Instagram Anda untuk mendapatkan konten yang sama dan lebih lengkap.
Gunakan Fitur “Instagram Live” Untuk Meningkatkan Interaksi Dengan Followers Anda
Fitur siaran langsung adalah kunci untuk menjalankan strategi pemasaran yang sukses di platform media sosial apa pun. Dengan Instagram, Anda dapat menggunakan Instagram Live untuk melakukan streaming video ke pengikut Anda dan berinteraksi dengan mereka secara real time.
Saat Anda memulai streaming video langsung, akan dapat dilihat foto profil Anda di Instagram Stories untuk memberi tahu pengikut bahwa mereka dapat melihatnya dan itu ada di urutan awal. Pengikut juga menerima pemberitahuan saat Anda memulai video langsung. Setelah Anda menyelesaikan streaming langsung, Anda dapat mengunggahnya ke Story Anda atau ke feed selama 24 jam.
Ingatlah bahwa Instagram Live bersifat interaktif. Pengikut Anda mungkin akan berkomentar saat Anda sedang live, jadi cobalah untuk menghargai komentar mereka dan temukan cara untuk membuat mereka berpartisipasi.
Beberapa cara untuk mendapatkan lebih banyak pengikut saat menggunakan Instagram Live antara lain:
- Pengambilalihan influencer
- Menghosting QnA atau tanya jawab
- Menggoda peluncuran atau pembaruan produk
- Bercerita tentang bisnis Anda yang tidak banyak orang ketahui
- Menjalankan tutorial produk
Berikan Nilai Tambah Kepada Followers Anda Dengan Memberikan Konten Yang Bermanfaat Dan Memberikan Solusi Kepada Masalah Yang Mereka Hadapi
jika dipikir lagi, hanya dengan membentuk followers yang tertarik dengan akun Instagram Anda juga itu masih tidak cukup. Bagaimana kalau membentuk followers yang loyal kepada akun Instagram Anda dengan cara memberikan konten yang bermanfaat dan memberikan juga solusi kepada masalah yang mereka hadapi. Terdengar menarik bukan?
Jangan hanya berpikir tentang bagaimana untuk membuat konten yang menarik secara visual saja, akan tetapi adalah konten yang bermanfaat yang bisa membuat followers Anda tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan yang bisa jadi itu adalah solusi bagi masalahnya.
Masih Terasa Ribet? Jasa Kelola Sosial Media Handmark Solusinya!
Meskipun semua hal tersebut tidak ribet untuk dilakukan, namun juga untuk mempelajari caranya untuk satu cara dan cara yang lain tentunya bukanlah hal yang mudah. Butuh penelitian yang mendalam dan juga tentunya membutuhkan waktu yang banyak.
Apakah Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola sosial media Anda? Atau memang terkesan ribet saja? Handmark bisa jadi solusi untuk Anda. Handmark adalah solusi yang paling tepat untuk pengelolaan media sosial yang profesional.
Handmark menyediakan layanan yang terfokus dan tepat sasaran untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan membuat strategi pemasaran yang terintegrasi di seluruh platform media sosial seperti contohnya adalah Instagram.