Blog Handmark Studio

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

10 Tips Untuk Ukuran Feed Instagram yang Menarik

10 Tips Untuk Ukuran Feed Instagram yang Menarik

Apakah kamu menggunakan Instagram sebagai media untuk promosi jasa atau dagangan? Atau sebagai media untuk mengekspresikan dirimu saja?  Sebenarnya semua tidak ada yang salah, Instagram memang merupakan platform social media yang bebas digunakan untuk kebutuhan hiburan atau bahkan untuk kebutuhan bisnis sekalipun. dalam membentuk akun Instagram yang aesthetic, berkualitas, tentu kamu pernah dengan tentang mengatur feed Instagram yang menarik.

Nah, untuk mendapatkan atensi dari banyak orang, tentu saja hal yang harus kamu lakukan dengan akun Instagrammu adalah dengan membentuk feed yang menarik agar orang bisa betah dan kepo terhadap akun Instagram kamu. Selain itu, ini bisa membuat cerminan jika bisnis yang kamu kelola itu adalah bisnis yang profesional loh!

Menarik sekali bukan? Nah, daripada berlama-lama lagi, mari kita cari tahu sebenarnya apa saja tips untuk ukuran feed Instagram yang menarik.

Kenapa Harus Menggunakan Ukuran Feed Yang Tepat?

Eits, tunggu dulu. Sebelum kamu mengerti apa saja tipsnya untuk ukuran feed Instagram yang menarik, mungkin kamu harus tahu terlebih dahulu, sebenarnya kenapa harus menggunakan feed yang tepat?

Nah, kamu pernah tidak saat mencoba posting gambar atau video di Instagram pada akhirnya saat berhasil di upload malah yang ada gambar jadi pecah. Padahal, saat foto atau video yang asli di HP mu masih saja bagus.

Nah, itu memang terjadi di kebanyakan social media termasuk Instagram. Pada akhirnya apapun video dan foto yang kamu upload maka akan di compress resolusinya agar menghemat server penyimpanannya. Namun, tentu saja hal tersebut bukan menjadi halangan.

Selama kamu tahu berapa rasio dan juga pixel yang tepat untuk upload video dan foto di Instagram, dijamin hasilnya masih tetap bagus.

Apa Itu Ukuran Pixel?

Pixel kata yang seringkali ditemukan dari elemen gambar adalah unit dasar warna yang dapat diprogram pada tampilan komputer atau gambar komputer. Anggap saja sebagai unit yang logiss, bukan fisik

Pixel adalah unit terkecil dalam tampilan digital. Hingga jutaan pixel membentuk gambar atau video di layar perangkat. Setiap pixel terdiri dari subpixel yang memancarkan warna red, green, dan blue (RGB), yang ditampilkan pada intensitas berbeda. Komponen warna RGB menyusun keseluruhan warna berbeda yang muncul di layar atau monitor komputer.

Saat mereferensikan resolusi tampilan, angka seperti 1920 x 1080 mengacu pada jumlah pixel. Mengatur pixel yang tepat adalah sebuah kunci agar tampilan gambar bisa lebih jelas. Namun itu juga tergantung dengan rasio

Apa Itu Aspek Rasio?

Sebenarnya, rasio ini sangat erat kaitannya dengan pixel. Aspek rasio dalam fotografi dan video adalah hubungan antara lebar dan tinggi gambar atau video yang ditampilkan.

Aspek rasio paling sering ditampilkan sebagai satuan lebar dan tinggi yang dipisahkan oleh titik dua. Namun, mereka juga dapat ditampilkan sebagai angka tunggal yang sama dengan lebar dibagi tinggi.

Misalnya, rasio aspek 3:2 dapat ditampilkan sebagai 1,50 (3 dibagi 2). Seringkali, angka ini kemudian dimasukkan kembali ke dalam bentuk rasio misalnya, 1,50:1. Tapi, memang yang paling terkenal dan paling umum adalah seperti 2:1 atau 1:1.

Daftar Ukuran untuk Feed Instagram Agar Makin Banyak Like & Komen

Instagram juga berlaku demikian. Pada saat kamu akan melakukan posting gambar atau video tentunya ada rasio yang bisa kamu pilih. Pemilihan rasio ini juga bukan asal-asalan saja. Kamu jangan sekali-kali juga mengupload foto atau video portrait yaitu 6 kotak menjadi 3 kotak. Jika pixelnya tidak tepat, yang terjadi adalah foto atau video akan mengalami penurunan kualitas.

Ini dikarenakan saat pemotongan gambar atau video yang di convert akan melakukan zooming bukan cropping untuk di Instagram.

Agar selalu bisa mendapatkan like, komen, dan insight yang bagus dari followers Instagram kamu, yang harus kamu lakukan adalah memahami ketentuan dan spesifikasi ukuran feed pada Instagram.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Feed Instagram Pada Umumnya

Jika kamu belum tahu, ukuran feed Instagram selalu diupdate setiap ada fitur baru diluncurkan. Untuk kamu yang punya usaha jualan online pasti berkeinginan dong barang dagangannya kelihatan ideal di Instagram? Jika iya, berarti kamu harus tahu berapa ukuran feed instagram terkini di tahun 2023. Ukuran foto dan video di Instagram memang berbeda-beda tergantung fitur yang sedang dipakai.

Pernah lihat tidak ada feed Instagram yang dari satu foto ke foto yang lain nyambung? Itu juga ada caranya.

Ukuran feed Instagram 3 atau 6 kotak banyak dicari para desain grafis yang berprofesi untuk mengontrol postingan Instagram.

Instagram merupakan media sosial yang sering kali diaplikasikan untuk promosi produk atau event yang digelar penggunanya. Untuk lebih memudahkan pengguna melihat poster, maka yang dilakukan biasanya adalah membentuk feed Instagram yang bagus dengan antara 1 foto sampai 6 foto yang jika dilihat di feed akun Instagram akan jadi nyambung. Bagaimana ukurannya agar satu foto dan foto yang lainnya nyambung?

Ukuran Feed Instagram 3 Kotak

Untuk mengetahui itu, kita cari tahu dari ukurannya. Jadi, untuk satu kotak Instagram ukuran terbaiknya adalah dengan rasio 1:1, lebih tepatnya 320 x 320 pixel sampai 1.080 x 1.080 pixel, semakin tinggi ukurannya tentu saja kualitas foto akan semakin baik.

Karenanya, ukuran feed Instagram 3 kotak adalah 3:1. Jika diamati lagi dari ukuran per kotak yang sudah disebutkan di atas, kamu dapat memasukkan ukuran 960 x 320 pixel sampai 3240 x 1080 pixel. Kamu tinggal bagi saja gambar tersebut menjadi perbagian kotak untuk upload nya satu per satu

Ukuran Feed Instagram 6 Kotak

Bagaimana dengan ukuran feed Instagram 6 kotak? Biasanya yang pengaturan feed ini disebut dengan feed puzzle.

Jika sudah mengetahui ukuran 3 kotak, tentu saja 6 kotak tinggal dikalikan saja. Untuk ukuran terbaiknya, adalah dengan rasio 3:2 dengan resolusi terbaik adalah 3240 x 2160 pixel.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Post Foto

Nah, setelah tahu pengertian dari pixel dan juga rasio, sekarang kita masuk ke dalam ketentuan dan spesifikasi ukuran post foto di Instagram.

Ada 4 model post feed Instagram untuk setiap jenis unggahan.

Square Post

Square post yaitu jenis konten yang paling sering diunggah atau tak jarang kamu lihat di Instagram. Konten ini, wujudnya persegi dengan rasio 1:1 yang berarti lebar dan tingginya sama. Kamu dapat menggunakan resolusi 1080 x 1080 pixels untuk mendapatkan mutu konten yang bagus dan jelas. Bahkan, untuk ukuran 4K sekalipun Instagram bisa sekali, yang jadinya setelah di kompresi kualitasnya jadi lebih bagus daripada yang HD.

Horizontal/Landscape Post

Bagaimana dengan horizontal atau landscape post? Apakah ukuran yang satu ini bagus? Horizontal atau landscape di Instagram versi dulu memang tidak bisa digunakan. Tapi seiring berjalannya waktu horizontal dan landscape post bisa dilakukan di Instagram versi terbaru.

Horizontal atau landscape post ialah jenis konten yang melebar ke samping, bentuknya persegi panjang. Ukuran landscape agak jarang diterapkan oleh brand, tapi ukuran ini sering kali diterapkan untuk mengupload foto selfie atau panorama.

Rasio yang diterapkan ialah 16:9 dan menggunakan resolusi 1080 x 608 pixels untuk kualitas konten yang bagus dan lebih jelas.

Vertical Post

Jika ada horizontal, tentu saja ada vertical post. Berbeda dengan horizontal atau landscape post, konten yang diunggah dalam ukuran vertical akan memanjang ke atas dengan rasio 4:5. Jadi, kontennya lebih tinggi dibandingkan melebar. Seandainya kamu menerapkan rasio 4:6 atau 4:7, konten tersebut akan otomatis terpotong oleh Instagram.

Untuk mendapatkan konten yang berkualitas, kamu dapat menerapkan resolusi 1080 x 1350. Ukuran ini, sangat bagus diaplikasikan untuk mengunggah foto orang seperti OOTD atau panorama.

Carousel Post

Dan yang terakhir, yang sedang banyak digunakan untuk media promosi atau media untuk memberikan informasi adalah carousel post. Carousel memungkinkan kamu untuk bisa mengunggah lebih dari satu foto ke Instagram dalam satu upload-an. Kamu bisa menambahkan sampai 10 foto.

Ukuran carousel post menyesuaikan foto pertama yang dipilih. Bila foto pertama horizontal atau landscape, jadi otomatis foto berikutnya juga akan mengikuti ukuran landscape. Begitupun dengan ukuran lainnya.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Konten Video

Bagaimana dengan video? Apakah resolusinya sama? Apakah ketentuan dan spesifikasinya sama? Untuk di feed, kamu bisa melakukan posting menurut ukurannya saja. Dengan posting video tentunya akan membutuhkan perhatian yang lebih karena memang Instagram ini harus melakukan converting yang sangat ketat untuk video.

Agar tidak pecah-pecah kualitas videonya, kamu bisa perhatikan ketentuan dan spesifikasi ukuran konten video berikut.

Square Post

Untuk square post video di Instagram, rasio yang harus kamu gunakan adalah 1:1. Sedangkan, untuk kualitas videonya harus memiliki rasio 1080 x 1080 pixels.

Namun, ukuran kalau bisa memang lebih besar pixelnya jadi lebih baik agar kualitas videonya masih jelas untuk dilihat dan dipahami jika ada detail kecil yang ada di video.

Horizontal/Landscape Post

Di foto ada horizontal atau landscape post, bagaimana dengan video? Ada juga pastinya. Untuk spesifikasi post ini adalah video harus memiliki rasio 16:9 dan resolusi 1080 x 608 pixels. Rasio ini adalah rasio yang paling tepat. Jangan terlalu melebar rasionya, karena bisa jadi Instagram akan melakukan crop secara otomatis sebelum di upload.

Vertical Post

Untuk vertical post video, rasio nya adalah 4:5 dan harus memiliki resolusi 1080 x 1350 pixels. Masih sama seperti horizontal atau landscape post, jika rasionya terlalu besar, maka Instagram akan melakukan cropping video secara otomatis.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Story Instagram

Ukuran Story Instagram yang benar adalah lebar 1080 pixel dengan tinggi 1920 pixel, dengan rasio aspek 9:16. Gambar dan video ramah vertikal; jika Anda mengunggah yang horizontal, mereka tidak akan terlihat bagus.

Berikut spesifikasi singkatnya:

·         File foto harus dalam format JPG atau PNG dan berukuran di bawah 30 MB.

·         File video harus dalam format MP4, MOV atau GIF, berdurasi 15 detik dan berukuran di bawah 4 GB.

Jika kamu tidak mengikuti dimensi yang benar, Instagram akan memotong atau memperbesar kontenmu, yang dapat merusak postingan. Jika gambar terlalu kecil, gambar tersebut akan tampak terpixelasi sehingga hasilnya akan tidak jelas.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Instagram TV (IGTV)

Walaupun fitur ini sudah tidak ada lagi, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui ketentuan dan spesifikasi untuk ukuran instagram TV atau IGTV.

Untuk spesifikasi dan ketentuan ukuran IGTV adalah sebagai berikut:

  • Rasio video di feed: 1:1 atau 4:5
  • Rasio sampul di halaman IGTV: 1:1.55
  • Ukuran sampul di halaman IGTV: 420 x 654 px
  • Rasio aspek maksimal: 9:16 (Vertikal)
  • Rasio aspek minimal: 16:9 (Horizontal)
  • Durasi minimal: 1 menit

Durasi maksimal untuk setiap postingan di IG TV adalah:

  • 15 menit kalau mengunggah dari perangkat seluler.
  • 60 menit kalau mengunggah dari website.
  • Jenis File: MP4
  • Video harus memiliki frame rate minimal 30 dan resolusi minimal 720 px.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Reels Instagram

IGTV akhirnya digantikan dengan fitur Reels. Fitur yang satu ini memang sangat bagus untuk dibuat media promosi karena gampang sekali muncul di explore Reels.

Instagram akan memperkecil ukuran apa pun yang lebarnya lebih dari 1080 pixel menjadi 1080 pixel.

Ukuran Instagram Reels menurut yang paling tepat dan banyak dilakukan adalah 1080 pixel x 1920 pixel.

Reel Instagram dilihat dalam orientasi vertikal, sehingga video dan foto harus memiliki lebar 1080 pixel dan tinggi 1920 pixel dengan aspek rasio 9:16.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Instagram Live

Untuk rasio dari Live ini tidak perlu kamu risaukan. beruntungnya, rasio aspek Instagram Live diatur di dalam aplikasi. Perlu diingat, kamu sudah jelas tidak dapat mengubah ukuran setelah memulai siaran langsung di Instagram.

Mendapatkan hasil live yang enak dilihat orang kuncinya adalah kamu harus memiliki koneksi internet yang bagus. Selain itu, penonton pun juga harus memiliki kualitas internet yang bagus untuk menikmati live mu dengan kualitas yang bagus.

Ketentuan & Spesifikasi Ukuran Foto Profil Instagram

Foto profil kamu adalah hal pertama yang akan dilihat orang ketika mereka masuk ke akun Instagrammu. Ini adalah representasi dari bisnis, merek pribadi, dan pada akhirnya, kesan pertama dari profil mu adalah secara keseluruhan untuk penilaian akun Instagram kamu. Karena itu, kamu harus memperhatikan ketentuan dan spesifikasi ukuran foto profil Instagram.

Di perangkat seluler, foto profil Instagram kamu akan ditampilkan dengan lebar 110 pixel dan tinggi 110 pixel. Dalam feed, itu akan diperkecil menjadi lebar 40 pixel dengan tinggi 40 pixel. Di desktop, gambar profil Instagram akan ditampilkan dengan lebar 180 pixel dan tinggi 180 pixel. Ini juga dikenal sebagai rasio 1:1.

Tabel Lengkap Ukuran Postingan Instagram

Untuk memahami lebih lengkap mengenai ukuran postingan Instagram, berikut ini adalah tabel lengkapnya.

Tipe Postingan Instagram Rasio Ukuran Pixel
Square Photo 1:01 1080 x 1080px
Landscape Photo 1.91:1 1080 x 608px
Portrait Photo 4:05 1080 x 1350px
Instagram Stories 9:16 1080 x 1920px
IGTV Cover Photo 01:01.5 420 x 654px
Instagram Square Video 1:01 1080 x 1080px
Instagram Landscape Video 1.91:1 1080 x 608px
Instagram Portrait Video 4:05 1080 x 1350px
Instagram Reels 9:16 1080 x 1920px

Kesusahan Dan Terlalu Ribet Setting Instagram Sendiri?

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham tentang tips untuk membuat feed Instagram kamu menjadi lebih bagus dan terlihat professional? Melakukan semua itu memang harus telaten dan harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan konsisten.

Memang, caranya cukup ribet, untuk itulah ada kami yang merupakan jasa kelola sosial media terbaik yang bisa mengatur feed Instagram kamu jadi lebih bagus, professional, dan untuk kebutuhan bisnis dijamin akan menggaet banyak sekali customer.

Handmark Studio Handmark Studio adalah agensi digital yang berfokus pada pemasaran digital dan jasa kelola sosial media. Mereka menawarkan layanan seperti SEO, filter Instagram, dan lainnya untuk membantu bisnis dan merek meningkatkan kehadiran online mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *