Membuat postingan di Instagram untuk kebutuhan marketing memang tidak bisa hanya mengandalkan konten yang bagus.
Walaupun memang, terkadang konten yang bagus bisa mendapatkan banyak atensi oleh yang melihat dan mungkin melakukan share ke yang lain, tapi ada satu hal yang sangat penting untuk bisa mendapatkan banyak likes dan komentar di Instagram, yaitu memperhatikan waktu yang optimal untuk memposting konten yang menarik.
Biasanya, dalam dunia digital marketing, itu disebut dengan prime time. Prime time merupakan sebuah waktu ketika banyak user sosial media yang online dan membuka sosial medianya dan bisa dipastikan akan melihat postingan yang ada di berandanya.
Memilih prime time ini sangatlah penting. Apa saja yang kamu perlu tahu tentang prime time ini?
Daftar Isi
Apakah Penting Menentukan Waktu Terbaik (Prime Time) untuk Posting di Instagram?
Oke, pertama adalah apakah memang sepenting itu untuk menentukan waktu terbaik untuk memposting di Instagram? Jawabannya tentu saja iya.
Waktu posting terbaik sebenarnya bukan tentang kapan kamu memposting, ini tentang kapan kamu ingin pengguna melihat kontenmu. Tapi itu tergantung pada algoritma yang unik untuk setiap bagian Instagram.
Jadi, perhatian yang kamu berikan pada waktu posting hanyalah satu bagian dari sistem yang lebih kompleks yang mengirimkan konten kepada orang-orang di platform.
Algoritma Instagram dan perubahan UX telah berdampak pada efektivitas posting pada waktu tertentu. Kecuali jika pengguna menggunakan konten mereka dalam tampilan “Following”, waktu audiens akan melihat konten dapat berbeda-beda.
Jadi, ini memang penting di mana kamu bisa mencari audiens yang banyak selain dari orang yang mem-follow akunmu. Jadi, perhatikan waktu terbaik untuk memposting sesuatu di Instagram juga, karena sebenarnya masalah se-sepele ini ternyata berdampak cukup besar.
Tips Mencari Waktu Terbaik Untuk Posting Instagram
Jadi, bagaimana dengan caranya? Untuk mengetahui primetime sebenarnya bisa dibagi menjadi beberapa faktor, yaitu target audiens, hari, lokasi dan zona waktu, frekuensi posting, interval waktu jam istirahat, dan juga jenis konten apa yang akan disuguhkan.
Berikut ini adalah penjelasan berbagai faktor prime time yang ada di Instagram.
Faktor Target Audiens
Sebenarnya, tidak semua prime time di akun satu dengan yang lainnya itu sama. Ini merupakan faktor audiens. Ketahui faktor audiens yang ada pada akun Instagrammu. Di mana mereka tinggal, berapa umur mereka, seperti apa keseharian mereka, mereka kerja apa, apakah mereka menggunakan device tablet, smartphone, atau desktop untuk mengakses sosial media, itu adalah faktor yang sangat penting.
Jika kamu menggunakan Instagram yang sudah dibuat untuk bisnis, kamu pasti akan tahu informasi tentang audiens di insight. Buka fitur insight di Instagrammu dan disitulah kamu bisa tahu informasi yang jelas mengenai target audiens yang menjangkau akun Instagram yang kamu kelola.
Faktor Hari
Selanjutnya adalah faktor hari. Faktor yang satu ini juga sangat penting. Untuk hari, biasanya mereka para audiens bahkan bisa membuka Instagram di jam 5 pagi untuk setiap harinya. Ini terdengar tidak masuk akal, tapi itulah yang terjadi. Karena kamu sendiri bahkan melakukannya, bangun tidur, setelah semua urusan beres, yang dipegang adalah smartphone dan langsung cek Instagram.
Tapi, pengecualian di hari Senin. Biasanya banyak yang terburu-buru untuk bekerja sehingga tidak sempat yang namanya memegang smartphone-nya bahkan hanya sekedar membuka Instagram mereka tidak akan sempat.
Faktor Lokasi & Zona Waktu
Semakin luas persebaran geografis audiens kamu, waktu posting yang ditentukan menjadi sedikit ‘kurang penting’. Tapi, seandainya target audiens berada di satu lokasi tertentu, pastikan jika kamu menggunakan area waktu yang sama ketika menjadwalkan postingan Instagram Anda (padahal itu bukan area waktumu sendiri).
Kalau kamu memiliki media sosial global, kamu dapat membuat akun media sosial yang berbeda untuk kawasan yang berbeda. Atau, cukup jadwalkan konten sepanjang hari dan malam untuk berinteraksi selama 24 jam. Intinya yaitu lokasi dan waktu hendaknya cocok dengan audiensmu.
Faktor Frekuensi Posting
Nah, walaupun kamu sudah memposting dengan waktu yang tepat, tapi jika hanya memposting satu postingan sehari juga buat apa. Banyak orang yang akan bosan. Hindari yang namanya hard selling.
Mungkin dalam sehari, kamu bisa post 3 kali dengan satu postingan saja yang merupakan hard selling, yang lain bisa soft selling saja agar audiens tertarik dengan akun Instagrammu.
Faktor Interval Waktu Istirahat
Sebagian besar audiens yang bekerja akan membuka Instagram saat mereka istirahat di siang hari. Itu adalah waktu yang tepat juga untuk memposting konten. Selain itu, atensi orang untuk membuat jeda dengan istirahat sejenak jeda-jeda pekerjaan mereka di sore hari juga bisa, karena mereka beberapa mengalihkan perhatian ke Instagram sebagai gantinya karena faktor sudah lelah dengan pekerjaan dan butuh hiburan.
Faktor Jenis Konten
Jenis konten juga pengaruh. Menurut banyak sumber, ada 4 jenis konten Instagram yang sangat disukai oleh audiens, di antaranya:
- Informasi tentang produk atau jasa dalam format infografis
- Konten testimoni pelanggan atau review produk
- Tutorial yang relevan dengan bisnis kau
- Postingan interaktif
A/B Testing
A/B testing beberapa pengujian paling dasar yang dapat kamu lakukan di media sosial. Definisi A/B testing adalah pengujian di mana kamu mengubah satu variabel dan menjaga yang lainnya tetap sama. Misalnya, jika kamu ingin mempelajari jenis konten mana yang menghasilkan interaksi tertinggi di Instagram, kamu dapat menguji konten foto vs video.
Jadwal Dan Jam Terbaik Posting Instagram
Jadi, bagaimana? Sudah tahu belum beberapa faktor yang mempengaruhi apakah banyak tidaknya jumlah like, komen, dan view di Instagram kamu? Nah, sekarang kita akan membahas inti dari artikel ini, yaitu bagaimana jadwal dan jam terbaik untuk posting di Instagram.
Nah, berikut ini adalah waktu terbaik untuk posting Instagram berdasarkan beberapa tipe agar kamu bisa mendapatkan banyak like dan komen.
Waktu Terbaik Untuk Posting Di Instagram Berdasarkan Hari
Setiap hari dalam seminggu adalah hari yang baik untuk memposting di Instagram, tetapi kemungkinan besar kamu akan mendapatkan keterlibatan terbaik di akhir pekan.
Jika kamu membutuhkan waktu tertentu, berikut adalah waktu terbaiknya: pukul 10 pagi hingga 1 siang pada Selasa dan Rabu. Lalu, pukul 11 pagi pada hari Senin.
Bagan di bawah menunjukkan keterlibatan rata-rata setiap hari dalam seminggu. Seperti yang bisa kamu lihat, meskipun akhir pekan adalah saat kamu akan melihat interaksi paling banyak, ternyata datanya cukup stabil sepanjang minggu.
Ini berarti kamu pasti ingin melakukan penelitian lebih dalam untuk mencari tahu hari mana yang terbaik untuk posting. Di sinilah data khusus industri dapat membantu.
Waktu Terburuk Untuk Posting Di Instagram Berdasarkan Hari
Sebelum itu, membahas tentang industri, apakah ada waktu terburuk untuk post di Instagram? Ada! Hari Minggu justru dianggap sebagai hari terburuk untuk mengunggah konten. Bagaimana tidak, orang-orang banyak yang lebih memilih untuk berlibur tanpa membuka HP. Walaupun mereka membuat postingan di story, mereka tidak akan sempat juga untuk melihat postingan akun yang lain.
Waktu Terbaik Untuk Posting Di Instagram Berdasarkan Bidang Industri
Data umum tentang waktu posting yang optimal adalah titik awal yang bagus. Berikut adalah waktu terbaik untuk memposting di Instagram untuk lebih dari 16 industri populer.
Edukasi
- Waktu terbaik: 21.00-12.00
- Hari terbaik: Senin
- Hari Terburuk: Rabu sampai Minggu
Bidang Kesehatan
- Waktu Terbaik: 6-9 malam
- Hari Terbaik: Sabtu
- Hari Terburuk: Selasa sampai Jumat
Jasa Finansial
- Waktu terbaik: 21.00-12.00
- Hari Terbaik: Minggu
- Hari Terburuk: Rabu dan Kamis
Retail
- Waktu Terbaik: 3-6 sore
- Hari Terbaik: Minggu
- Hari Terburuk: Selasa
e-Commerce
- Waktu terbaik: 21.00-12.00
- Hari Terbaik: Sabtu
- Hari Terburuk: Senin, Selasa, dan Kamis
Perusahaan Bisnis
- Waktu terbaik: 09.00-12.00, 18.00-21.00
- Hari terbaik: Jumat
- Hari Terburuk: Selasa, Rabu, dan Minggu
Manufaktur Konsumen
- Waktu Terbaik: 09.00-12.00
- Hari terbaik: Rabu dan Jumat
- Hari Terburuk: Senin, Selasa, dan Minggu
Manufaktur dan Retail
- Waktu Terbaik: 12-6 sore
- Hari Terbaik: Jumat dan Minggu
- Hari Terburuk: Senin sampai Kamis, Sabtu
Perusahaan Konstruksi
- Waktu Terbaik: 6-9 malam
- Hari terbaik: Kamis dan Minggu
- Hari Terburuk: Senin dan Sabtu
Organisasi Pertanian
- Waktu Terbaik: 09.00-12.00
- Hari Terbaik: Sabtu
- Hari Terburuk: Hari kerja
Perusahaan Elektronik
- Waktu Terbaik: 3-6 sore
- Hari terbaik: Kamis
- Hari Terburuk: Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu
Energi, Utilitas, dan Pengelolaan Limbah
- Waktu Terbaik: 6-9 malam
- Hari Terbaik: Sabtu
- Hari Terburuk: Minggu sampai Jumat
Teknologi dan Informasi
- Waktu Terbaik: 6-9 malam
- Hari Terbaik: Sabtu
- Hari Terburuk: Senin dan Kamis
Media dan Entertainment
- Waktu Terbaik: 3-6 sore, 9 malam-12 pagi
- Hari terbaik: Jumat
- Hari Terburuk: Minggu dan Senin
Transportasi dan Logistik
- Waktu Terbaik: 09.00-12.00
- Hari Terbaik: Sabtu
- Hari Terburuk: Minggu, Senin, Kamis, dan Jumat
Advertising dan Marketing
- Waktu terbaik: 09.00-15.00
- Hari Terbaik: Senin, Kamis, Sabtu, Minggu
- Hari Terburuk: Selasa dan Jumat
Tips Biar Konten Instagram Banyak Like Dan Komen
Bagaimana? Sudah tahu prime time yang bagus untuk berbagai jenis konten yang bisa di upload di Instagram? Nah, walaupun kamu sudah mengetahui prime time, ada satu hal lagi yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu kualitas dari postingannya.
Walaupun prime time adalah hal yang wajib diketahui, jika kualitas konten yang dihasilkan tidak bagus juga tidak bisa mendapatkan hal yang diinginkan, hanya mendapatkan view, tapi tidak mengundang orang untuk like, berkomentar, dan bahkan bisa jadi tidak tertarik dengan bisnis yang kamu iklankan.
Untuk itu, berikut ini ada tips biar konteks Instagram akun kamu banyak like dan juga komen.
Gunakan Hastag Yang Relevan & Populer
Gunakanlah hashtag untuk setiap postingan yang sekiranya relevan dengan isi postingannya dan juga sedang populer. Ini bisa jadi, jika orang mencari hashtag tertentu misalnya #jualmobilmurah, maka postinganmu yang ada hashtag tersebut bisa muncul.
Buat Konten Menarik & Unik
Tanpa adanya konten yang menarik dan unik, tentu saja semuanya sia-sia. Teknik marketing yang bagus harus diimbangi dengan konten yang menarik. Berusaha untuk berbeda dari yang lain sebagai pesaing bisnismu.
Caption Yang Mengundang Komentar
Selanjutnya adalah membuat caption. Caption yang mengundang komentar juga sangat penting agar audiens bisa berinteraksi denganmu atau bahkan saling reply antara satu audiens dengan yang lain. Dengan mereka berkomentar, maka postinganmu akan mudah sekali ditemukan di explore Instagram.
Beberapa contoh dibawah ini mungkin bisa menjadi refrensi kamu :
- “Sudah tahu nggak apa yang terjadi hari ini? Share di kolom komentar yaa!”
- “Ingin tahu lebih banyak tentang [topik]? Tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar!”
- “Kamu punya ide bagus untuk [topik]? Share di kolom komentar yaa!”
- “Apa yang kamu pikirkan tentang [gambar/video yang ditampilkan]? Tulis di kolom komentar yaa!”
- “Sudah pernah mencoba [produk/layanan/aktivitas]? Beri tahu kami di kolom komentar!”
Fitur Tagging
Kamu juga bisa memanfaatkan fitur tagging. Kamu bisa memasarkan produk misalnya baju. Dengan adanya tag yang mengarah ke pembelian ke menu Shop yang ada di Instagram, ini membuat orang mudah menjangkau produk yang kamu tawarkan.
Kualitas Foto & Video
Nah, satu lagi yang berkaitan dengan konten, adalah kualitas foto atau video. Kualitas foto yang bagus akan membuat orang betah untuk melihat ataupun menonton konten yang kamu upload. Bayangkan saja jika kualitasnya buruk, warna pecah-pecah, orang tidak akan tertarik untuk melihatnya.
Follow Akun Relevan
Cara yang satu ini adalah cara untuk mendapatkan followers. Cara jitu menerima follower yang banyak bisa dimulai dari klik tombol search dan pilih akun yang disarankan oleh Instagram. Alternatif lain adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan dengan lingkup usaha atau akun yang sekiranya relevan dengan akunmu.
Efek Filter, Layout, Dan Elemen Desain Lainnya
Visual adalah daya tarik sendiri di Instagram meski kamu tak mempunyai banyak pengikut tapi akan memberikan akibat yang luar biasa bila kamu mempunyai konten yang estetik.
Sehingga tak mengherankan bila banyak pengguna yang berlomba-lomba untuk mewujudkan akunnya lebih estetik dengan sentuhan Instagram layout yang menawan.
Pengaplikasian Instagram layout juga penting bagi kamu yang berkeinginan membangun karir di Instagram, sehingga pengunjung tak hanya mengunjungi akun saja, tapi selanjutnya malah meniru akun Instagram yang kamu kembangkan dan akun Instagram kamu jadi makin terkenal.
Pelajarilah untuk membuat Instagram layout yang cocok untuk konten feed serta memanfaatkan fitur layout yang tersedia di konten story.
Fitur Instagram Stories
Dan yang terakhir, jika kamu sudah bisa menggunakan efek filter, layout, dan elemen desain lainnya, kamu bisa post di story Instagram.
Banyak audiens yang lebih cenderung membuka story daripada feed di beranda Instagram.
Inilah kesempatanmu untuk bersinar dari Instagram story.
Selalu Melakukan Evaluasi Setelah Mencoba Daftar Primetime Disini
Bagaimana? Sudah tahu belum bagaimana cara mendapatkan komen dan like yang banyak di Instagram kamu? Terlebih kamu sudah tahu primetime yang sesuai dengan konten apa yang kamu upload.
Tapi, jangan senang dulu, terkadang jadwal primetime tadi juga tidak bisa menjadi patokan utama.
Kita tahu bahwa setiap audien memiliki kebiasaan dalam membuka Instagram yang berbeda-beda dan juga karakter follower tiap akun juga berbeda-beda.
Selalu lakukan evaluasi setelah mencoba primetime yang ada di atas.
Mungkin kamu bisa melakukan evaluasi secara berkala misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali.
Jika dilihat insightnya memang benar, ya teruskan.
Jika memang masih kurang, lakukan improvement lagi.
Memang terdengar ribet, tapi jika kamu tidak ingin ribet untuk kelola sosial media, kamu bisa menggunakan jasa kelola sosial media dari kami yang akan selalu melakukan evaluasi untuk mendapatkan insight yang bagus untuk akun Instagram kamu.